Hajar-Aswad-Multazam-dan-Pintu-Kabah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.  Bismillahirahmannirrahim. Alhamdulillah tgl 30 Desember 2017, saya diberikan kepercayaan oleh Kantor Travel Umroh Alhijaz Indowisata, sebagai tour leader yang bertugas mengiringi,  membantu jamaah mulai dari tanah air,  saat di tanah suci,  hingga kembali ke tanah air lagi.

Pada kesempatan keberangkatan ini, saya menjadi Tour Leader untuk Paket Promo menggunakan Pesawat Royal Brunei.

Jamaah berkumpul di Lounge Umroh Bandara Soetta Pukul 01.00 Dini hari. Jamaah bisa beristirahat dengan tenang dan santai di Lounge Umroh. Tersedia Musholla yg cukup besar di Lounge Umroh.

Pukul 02.00 Jamaah menikmati makanan dan minuman yg Tersedia.

Jamaah-Menikmati-Makan-dan-Minum-di-Lounge-Umroh-Bandara-Soetta

Pukul 03.00 Jamaah berkumpul untuk koordinasi dan doa bersama sebelum menuju Terminal Keberangkatan.

Jamaah-Kumpul-di-Lounge-Umroh-Bandara

Pukul 04.00 Jamaah sdh memasuki Bandara,  dan Menuju Gate Keberangkatan untuk persiapan Boarding. Sambil menunggu Boarding,  jamaah bisa melaksanakan Sholat Subuh di Musholla atau di Ruang Tunggu.

Jamaah-Menunggu-Boarding-di-Bandara-Soetta

Pukul 05.15 Jamaah Umroh mulai Boarding ke Pesawat dan Pesawat Take off menuju Brunei Darussalam pukul 06.00 Pagi hari.

Pesawat-Menuju-Jeddah

Perjalanan menuju Brunei ditempuh dalam 2 Jam.  Namun karena ada perbedaan waktu mundur 1 jam,  pesawat tiba di Brunei Pukul 09.00. Jamaah Transit di Bandara Brunei selama 2 jam. Jamaah hanya membawa turun tas kabin,  sedang koper di Bagasi Langsung dipindah ke pesawat yang akan berangkat.

Pukul 11.00. Pesawat Take off menuju Jeddah.  Perjalanan dari Brunei menuju Jeddah sekitar 10 jam. Saat di pesawat tersedia fasilitas entertaiment tv dan musik. Jamaah dapat memilih sajian Quran,  Khutbah,  Film dan musik. Jamaah juga menikmati makan dua kali selama Perjalanan. Penyajian dan pelayanannya sangat ramah dari pramugari/ra Royal Brunei.

Pesawat-Menuju-Jeddah-2

Alhamdulillah Pesawat mendarat di Jeddah Pukul 16.00 Waktu Jeddah. Terdapat perbedaan waktu 4 jam dengan Jakarta dan  5 jam dengan Brunei.

Di Bandara Jeddah Jamaah Antri di Imigrasi kurang lebih 1 jam. Selanjutnya Jamaah Mengambil Kopernya masing masing dan membawa nya keluar bandara melewati X Ray. Kondisi ini tergantung Situasi, Kadang Jamaah Harus membawa Kopernya sendiri, Kadang bisa dibantu oleh Porter, tergantung situasi di Bagian X Ray Bandara. Namun Jangan khawatir, karena dari pengambilan Koper ke Lokasi X Ray hanya sekitar 100 m saja.

Setelah Keluar Bandara, Petugas Handling Bandara sudah menunggu, dan membantu membawakan Koper Jamaah ke Bus. Sebelum Melanjutkan perjalanan dari Jeddah ke Madinah, Jamaah melakukan Sholat Jama Ta’dim Maghrib dan Isya terlebih dahulu.

Bus-dari-Jeddah-menuju-Madinah

 

Sekitar Pukul 19.00, Jamaah berangkat menggunakan Bus AC dari Jeddah menuju Madinah. Makan Malam di dalam Bus. Muthawwif yang bertugas memberikan penjelasan mengenai perjalanan dan persiapan menuju Madinah. Setelah penjelasan dan makan malam, jamaah beristirahat di dalam bus menuju madinah. Ditengah perjalanan sekitar pukul 21.00, bus berhenti sejenak sekitar 20 menit, untuk beristirahat, Jamaah dipersilahkan ke toilet atau membeli snack dan minuman bila memerlukan. Setelah beristirahat sejenak, Bus kembali berjalan menuju Madinah.

Sekitar 20 Menit sebelum sampai di Madinah, Muthawwif membangun Jamaah, karena sebentar lagi bus akan memasuki kota Madinah. Muthawwif menjelaskan tentang sejarah kota madinah, dan saat memasuki kota madinah, jamaah berdoa bersama.

Alhamdulillah sekitar pukul 24.00 Bus sampai di depan Hotel Nozol Royal Inn di Madinah. Jamaah langsung memasuki hotel dan dibagikan kunci kamar sesuai dengan list room yang telah diatur. Jamaah bisa langsung beristirahat, menyiapkan diri untuk beribadah esok hari.

Perjalanan Umroh Alhijaz Indowisata – Beribadah di Masjid Nabawi

Bismillahirahmannirrahim. Azan Subuh akan berkumandang 2 kali, Azan Pertama terdengar satu jam sebelum Azan Ke dua (tepat waktu subuh). Jamaah dapat menuju Masjid 1-2 jam sebelum Subuh, sehingga Jamaah dapat beribadah Sholat Tahajjud dan Itikaf di Masjid sebelum Sholat Subuh. Setelah Sholat Subuh, Jamaah disarankan untuk tetap di Masjid, sampai terbit Fajar. Berzikir, Berdoa, membaca Alquran atau mendengarkan Khutbah Subuh. Jamaah dapat mengikuti Khutbah Subuh yang berbahasa Indonesia. Setelah Sholat Subuh, jamaah dapat kembali ke Hotel dan Menikmati Sarapan Pagi yang telah tersedia di Hotel.

Jamaah-Alhijaz-Indowisata-Berfoto-di-depan-Masjid-Nabawi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Makam-Malam-di-Hotel-Nozol-Royal-Inn

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perjalanan Umroh Alhijaz Indowisata – Ziarah Raudah

Pukul 09.00 Jamaah kumpul di Lobby untuk bersama sama berziarah ke Raudah. Untuk Jamaah Pria, akan ditemani oleh Tour Leader dan Muthowwif. Sedangkan untuk Jamaah Wanita akan ditemani oleh Muthowwifah (Wanita). Untuk Jamaah Pria, antri lebih cepat, kurang lebih 45 menit untuk bisa memasuki area Raudah. Sedangkan untuk wanita, lebih lama sekitar 60-90 menit. Jamaah mengantri sesuai dengan kondisi antrian. Jamah diharap bersabar menunggu antrian sambil berzikir.

Antri-Menuju-Raudah

Alhamdulilah kami diberi kesempatan untuk Sholat di Raudah sekitar 10-15 Menit. Untuk memberikan kesempatan kepada Jamaah Lain setelah Sholat Hajat / Sholat Duha / dll Jamaah harus meninggalkan Raudah. Bila mau berlama lama di Raudah, silahkan berdoa saat sujud. Bila ada Jamaah yang berdoa setelah selesai sholat, akan diminta oleh Askar (Polisi) untuk meninggalkan Raudah, dan berdoa di tempat yang lain di Masjid Nabawi.

Malam-Tahun-Baru-di-Raudah-Masjid-Nabawi

Setelah meninggalkan Raudah, Jamaah langsung menuju Makam Rosul, untuk Bershalawat dan Berdoa untuk Rosulullah dan Sahabat Nabi Khalifah Abu Bakar dan Khalifah Umar. Jamaah juga hanya diberikan waktu beberapa menit di depan Makam untuk Bershalawat dan berdoa.

Maqam-Nabi-Muhammad-SAW

Setelah berziarah ke Makam Rosullullah, Jamaah Keluar melalui Pintu yang menuju Makam Baqi. Jamaah menyempatkan diri untuk berfoto di depan Makam Baqi dan di depan Masjid Nabawi.

Foto-Bersama-Jamaah-Alhijaz-Indowisata-di-depan-Makam-Baqi

Bersambung ….

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *